Ebook

Trik Menjawab Soal Toefl Listening

Trik Menjawab Soal Toefl Listening – Anda bingung menghadapi Listening test dalam soal TOEFL? Tidak perlu terlalu lama bingung karena artikel ini sangat membantu anda dalam mengetahui secara garis besar tentang Listening TOEFL.

Tidak dapat dipungkiri jika listening comprehension dalam tes TOEFL adalah salah satu sesi tes yang menuntun kosentrasi penuh dan fokus yang tinggi dalam mengerjakan soal ini. Dikarenakan anda harus mendengarkan beberapa dialog atau percakapan dalam bahasa inggris tanpa melihat gerakan bibir speaker atau pembicara dan ditambah lagi bahasa Inggris adalah bahasa asing bagi bangsa kita bukan bahasa pertama atau bahasa ibu bagi kita.

Manfaat soal listening dalam TOEFL adalah untuk menguji bagaimana anda dapat menangkap makna disekitar dan dapat menguji kemampuan anda dalam berkomunikasi dengan bahasa Inggris ini.

Anda mungkin bertanya-tanya mengapa Listening comprehension tes ini penting, ini bertujuan agar anda dapat berkomunikasi dengan bahasa Inggris saat anda berada di Universitas atau di institut yang ada tuju, karena tidak mungkin apabila anda akan dapat berkomunikasi dengan baik jika anda tidak memahami komunikasi orang lain.

Trik Menjawab Soal Toefl Listening

Nah, dalam artikel ini anda akan mengetahui beberapa solusi yang akan membantu anda menghadapi soal listening comprehension ini. Sebelumnya, anda akan mengdapatkan soal listening comprehension part A dimana anda akan mendengarkan sekitar 30 percakapan pendek atau dapat disebut dengan short conversation/dialog antara dua orang yang akan diikuti dengan satu pertanyaan.

Biasanya satu pembicara atau speaker akan berbicara satu kali dalam bagian A ini. Ingat!! Pembicara kedua biasanya akan memberikan informasi penting yang menuntun anda untuk menjawab pertanyaannya. Berikut tips untuk menjawab bagian A dalam listening comprehension tes TOEFL:

  1. Fokuskan pendengaran anda pada pembicara yang kedua. Karena pembica kedua akan memberikan informasi yang penting untuk menjawab soal
  2. Jika anda tidak dapat memahami kata per kata dalam percakapan kedua pembicara secara komplit, janganlah anda panik. Anda hanya perlu menangkap ide atau point penting dalam isi pembicaraan kedua pembicara.
  3. Jika anda benar-benar tidak memahami apapun isi pembicaraan si pembicara kedua, pilihlah jawaban yang sangat berbeda dari apa yang anda dengar.
  4. Anda harus memahami beberapa bentuk functional expression seperti suggestion atau saran, suprise atau keterkejutan, uncertaintly atau ketidakpastian, agreement atau persetujuan, idiom.

Nah, didalam bagian A listening comprehension ini, setiap pertanyaan dimulai dengan kata tanya atau question words, seperti

  1. When (kapan)
  2. Where (dimana atau kemana)
  3. What (Apa)

Dan anda akan sangat jarang menjumpai kata tanya yang dimulai dengan:

  1. Who (siapa)
  2. How (bagaimana)
  3. Which (yang mana)
  4. Why (mengapa)

Itulah beberapa Trik Menjawab Soal Toefl Listening comprehension part atau bagian A. Untuk bagian B anda akan mendapatkan tips diartikel selanjutnya. Dan jangan lupa, hal yang paling penting bagi anda untuk menjawab soal listening adalah fokus, karena anda tidak akan mendapatkan pengulangan percakapan, jika anda tidak fokus anda akan kehilangan kesempatan untuk meraih skor TOEFL terbaik.

Anda juga dapat mencatat dengan ringkas dan cepat apa yang anda dengar untuk membantu merumuskan intisari atau kesimpulan percakapan, buatlah simbol yang anda mengerti untuk menghemat waktu anda. Jangan lupa untuk berlatih sesering mungkin agar kemampuan anda dalam menangkap isi pembicaraan terasah dan kemampuan berdialog anda juga akan berkembang. Selamat mencoba.

Ebook

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *