Ebook

Tips Menjawab Reading dalam Tes TOEFL dalam Sekali Baca

Tips Menjawab Reading dalam Tes TOEFL dalam Sekali Baca – Reading Comprehension adalah salah satu tes yang terdapat dalam TOEFL. Pada sesi tes Reading anda akan mendapatkan 50 pertanyaan yang tersedia 5 sampai 7 passage atau teks bacaan. Dan anda mempunyai waktu berkisar 55 menit untuk menjawab 50 soal reading dalam TOEFL.

Sedangkan tujuan dari Reading Comprehension dalam TOEFL adalah untuk menguji kemampuan anda dalam menganalisa, memahami, dan menginterpretasikan teks atau bacaan mengenai berbagai macam topik. Adapun beberapa topik bacaan yang biasanya berkaitan dengan pembahasan-pembahasan  akademik seperti; seni, fisika, biologi, geografi, sejarah, ekonomi, biografi tokoh-tokoh dan ilmu sosial.

Pertanyaan-pertanyaan yang terdapat dalam reading comprehension TOEFL memiliki pola-pola dan standar tertentu. Anda diminta untuk mengetahui beberapa hal seperti mengetahui tema bacaan, menentukan main idea atau ide pokok dari bacaan, mengetahui maksud atau arti dari beberapa kosakata tertentu, mengetahui informasi tertentu, menyimpulkan teks bacaan, melakukan identifikasi atau pengecualian-pengecualian, dan mengetahui rujukan dari pronoun atau kata ganti tertentu.

Tips Menjawab Reading dalam Tes TOEFL dalam Sekali Baca

Dalam artikel kali ini akan membahas tentang cara-cara atau jurus jitu menghadapi soal reading comprehension dalam TOEFL, bagi anda yang belum terbiasa dengan tipe soal seperti reading ini, artikel ini sangat membantu anda memecahkan langkah awal untuk menjawab soal. Nah, inilah beberapa strategi atau tips yang bisa anda gunakan dalam mengerjakan soal-soal reading comprehension adalah sebagai berikut:

Pertama:

Teks bacaan atau dapat disebut passage dalam sesi reading comprehension tidak perlu anda baca semuanya dalam artian teks tersebut tidak perlu dibaca dari awal hingga akhir passage. Hal ini akan sangat membuang waktu anda dalam mengerjakan soal, dan anda akan sangat kekurangan waktu untuk menjawab sisa soal lainnya.

Kedua:

Anda dianjurkan untuk membaca pertanyaan terlebih dahulu dan kemudian anda harus memahami maksud dari pertanyaan tersebut lalu carilah jawabannya di dalam teks bacaan tersebut.

Ketiga:

Janganlah terlalu bingung atau terlalu lama dalam berpikir pada kata atau kalimat yang anda sendiri tidak memahami maksudnya, hal ini akan membuat anda kehilangan waktu anda yang sangat berharga. Ingat ! waktu anda hanya 55 menit dengan 50 soal dan teks bacaan yang panjang. Maka dari itu, manfaatkan waku anda sebaik mungkin.

Keempat :

Anda juga jangan lupa untuk mengidentifikasi kata benda atau kata kerja yang penting.

Kelima:

Bacalah dengan cara scanning terhadap passage atau teks dan kemudian amati atau perhatikan kalimat pertama pada setiap paragraf.

Keenam:

Bacalah teks dengan cermat, anda juga dianjurkan untuk menandai beberapa hal seperti poin-poin utama, nama-nama, definisi dari suatu kata, kesimpulan, tempat dan angka-angka. Hal ini akan memudahkan anda untuk mempersingkat waktu karena anda tidak perlu membaca dari awal kembali ketika ada pertanyaan yang mengarah ke salah satu unsur diatas.

Ketujuh:

Sekarang mulailah anda menjawab pertanyaan-pertanyaan didalam sesi Reading Comprehension, tetapi ingatlah satu hal untuk tidak terjebak terlalu lama pada satu pertanyaan. Waktu tidak akan menunggu anda dengan setia.

Kedelapan:

Jangan lupa untuk mengisi semua pertanyaan dengan jawaban yang walaupun anda harus menebak jawaban tersebut. Jika anda juga tidak cukup waktu untuk membaca semua soal, maka anda dianjurkan untuk jawabannya karena score anda tidak akan berkurang jika jawaban anda tidak benar.

Nah, para pemburu skor TOEFL, inilah beberapa Tips Menjawab Reading dalam Tes TOEFL dalam Sekali Baca atau strategi yang telah dijabarkan sedemikian rupa dan sangat diharapakan dapat membantu anda dalam meraih skor yang maksimal atau impian dalam tes TOEFL.

Ebook

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *