Ebook

Perhatikan Apposive dalam Structure TOEFL

Perhatikan Apposive dalam Structure TOEFL – Anda masih bingung tentang Appositives yang kerap sekali muncul dalam soal TOEFL terlebih bagian Structure? Kebanyakan peserta tes TOEFL terjebak dalam persoalan mengenai Appositive ini dikarenakan mereka bisa saja keliru dalam menentukan subject dikalimat yang terdapat Appositive. Appositive dapat menyebabkan kebingungan di dalam soal structure TOEFL. Appositive itu sendiri adalah kata benda atau noun yang muncul sebelum atau sesudah kata benda yang lain namun mempunyai makna yang sama dalam artian lain memiliki keterikatan sebagai status lain yang sama. Contohnya sebagai berikut:        

Naura, the best student in the class, came lately to the school  yesterday.

Dalam kalimat diatas, anda dapat melihat dan mengidentifikasikan bahwa Naura adalah sebuah subject dari kalimat tersebut. Sedangkan the best student in the class dapat anda kategorikan dengan sangat mudah sebagai appositive phrase karena terdapat noun yaitu student anda karena dipisahkan oleh coma. Didalam kalimat tersebut anda dapat mengamati bahwa Naura dan the best student in the class adalah orang yang sama. Dan jika anda menghilangkan appositive didalam kalimat tersebut pun kalimat tersebut masih menjadi kalimat yang utuh. Jika anda menghilangkan appositive phrase menjadi Naura came lately to the school yesterday. Kalimat ini masih make sense kan? Ya benar sekali karena masih terdapat subject dan verb dalam kalimat tersebut.

Baiklah, perhatikan contoh dibawah ini bagaimana appositive dalam membingungkan anda dengan subject dari kalimat dalam soal structure TOEFL.

            ______, Ikhsan, is studying English.

  1. Right now
  2. Happily
  3. Because of the time
  4. My friend

Penjelasan dari contoh diatas adalah sebagai berikut, didalam contoh diatas anda harus mengenali bahwa diantar koma Ikhsan adalah bukan sebagai subject dari kalimat terebut. Ikhsan adalah sebuah appositive. Nah, kalimat tersebut masih membutuhkan subject bukan? yang dapat menjadi subject pada opsi-opsi tersebut hanyalah (d), My friend, maka jawabannya adalah d. Opsi a, b, dan c tidak benar karena ketiganya tidak dapat menjadi subject kalimat.

Anda juga harus tahu bahwa appositive tidak selalu muncul setelah subject, akan tetapi appositive juga dapat hadir sebelum subject pada awal kalimat.

Berikut contoh lain appositive:         

The only entrance to the closet, the door was kept locked at all the time.

Contoh soal:

            __________, Sulaiman rarely misses his basketball shots.

  1. An excellent basketball player
  2. An excellent basketball player is
  3. Sulaiman is an excellent basketball player
  4. His excellent basketball play

Nah, anda dapat mengidentifikasi Sulaiman adalah sebuah subject dan misses adalah sebagai verb kalimat karena tidak ada koma yang memisahkan mereka. Anda harus meletakkan sebuah appositive pada garis kosong tersebut untuk Sulaiman. Dan Sulaiman adalah an excellent basketball player, jadi jawaban yang paling benar adalah (a). Opsi b dan c tidak benar karena keduanya mempunyai verb is. Sedangkan dalam kalimat appostive tidak membutuhkan verb. Opsi d berisi kata benda yaitu play tetapi tidak dapat menjadi appositive karena play tidak menunjukkan status Sulaiman maka dari itu opsi d tidak benar.

Ini adalah bentuk appostive yang keduanya dibolehkan dalam bahasa Inggris

Tom a really good mechanic, is fixing the car
S, APP,  V

 

A really good mechanic,  Tom is fixing the car
APP,    S          V

 Ingat, appostive adalah sebuah noun tetapi ia bukanlah sebuah subject. Semoga artikel yang berjudul Perhatikan Apposive dalam Structure TOEFL dapat bermanfaat untuk anda yang sedang dalam proses meraih skor idaman TOEFL.

Mau Bisa Bahasa Inggris?
Ini 5 Materi yang Tidak Diajarkan Sekolah dan Kursus

Selengkapnya dikirimkan ke email Anda. Daftarkan nama & email Anda:

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *