Ebook

Perbedaan Rise dan Raise dalam Bahasa Inggris

Perbedaan Rise dan Raise — Penggunaan kata rise dan raise terkadang membingungkan bagi para non-native speaker. Nah, bagaimana sajakah perbedaan antara keduanya? Yuk, simak penjelasan di bawah ini!

1. Aturan Kata Kerja Rise

Hal yang perlu diingat adalah kata kerja rise termasuk ke dalam intransitive verb (kata kerja intransitif), yaitu kata kerja yang bisa berdiri tanpa objek atau pelengkap. Dengan kata lain, rise adalah kata kerja yang tidak membutuhkan objek.

2. Pengertian Kata Kerja Rise

Kata kerja rise mempunyai arti get up, move up under one’s power (without the help of someone else) and increase. Dengan kata lain, rise memiliki banyak arti, di antaranya adalah bangun, bangkit dengan kekuatannya sendiri (tanpa bantuan dari orang lain) dan meningkat.

Adapun bentuknya adalah sebagai berikut:  Rise (simple present/ V1), Rose (simple past/ V2), Risen (past participle/V3), dan Rising (present participle/ Ving)

3. Contoh Kalimat Menggunakan Rise

  • We could see the sun rises obviously from here. (Kami bisa melihat matahari terbit dengan sangat jelas dari sini)

Pada kalimat ini, sesudah rises tidak ada objek.

  • Recently, the price of meat is rising up to 35 % from the normal price.

(Belakangan ini, harga daging meningkat sampai 35 % dari harga normal)

  • Arman rose earlier this morning in order to get chance to see the festival.

(Arman bangun pagi lebih awal agar mendapat kesempatan untuk melihat festival)

4. Aturan Kata Kerja Raise

Berbeda dengan rise, kata kerja raise adalah termasuk ke dalam transitive verb (kata kerja transitif), yaitu kata kerja yang tidak bisa berdiri sendiri tanpa adanya objek atau pelengkap. Dengan kata lain, raise membutuhkan objek agar ide kalimat yang ingin disampaikan jelas.

5. Pengertian Kata Kerja Raise

Kata kerja raise mempunyai arti to lift, elevate an object atau to increase something. Dengan kata lain, raise mempunyai banyak arti, di antaranya adalah mengangkat suatu benda menjadi lebih tinggi atau ke posisi tinggi atau untuk menaikkan atau meningkatkan suatu benda.

Adapun bentuknya adalah sebagai berikut:  Raise (simple present/ V1), Raised (simple past/ V2), Raised (past participle/V3), dan Raising (present participle/ Ving)

6. Contoh Kalimat Menggunakan Raise

  • If you know the answer, please raise your hands. (Jika kalian tahu jawabannya, tolong angkat tangan kalian)

Pada kalimat ini terlihat bahwa setelah kata kerja raise, lalu diikuti oleh your hands yang merupakan kata benda sebagai objek kalimat. Berbeda dengan bentuk kata kerja rise yang tidak perlu diikuti kata benda.

  • The government has raised the funding to develop Indonesia’s economic growth better.

(Pemerintah telah menaikkan dana untuk mengembangkan  pertumbuhan ekonomi Indonesia menjadi lebih baik)

  • My sister studies hard to raise her grades in every subject. (Adik perempuan saya belajar giat untuk meningkatkan nilainya di semua pelajaran)

Nah, itulah penjelasan tentang Perbedaan Rise dan Raise yang membantu pemahaman Anda karena disertai dengan contohnya dalam kalimat beserta arti. Semoga membantu rasa penaaran Anda. Have a great day!

Tonton dan dapatkan materi terkait menarik lainnya versi Youtube di sini!

Ebook

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *