Ebook

Perbedaan Lie dan Lay dalam Bahasa Inggris

Perbedaan Lie dan Lay — Apakah perbedaan antara kata kerja lie dan lay? Penggunaan kedua kata kerja ini membingungkan pendengar karena bentu simple past (V2) dari lie adalah lay juga. Selain itu, pendengar mungkin bingung untuk memastikan lie yang dimaksud adalah lie dengan arti bebohong atau lie dengan arti istirahat. Yuk, baca terus artikel ini hingga selesai untuk jawaban pastinya.

1. Aturan Kata Kerja Lie

Sebelumnya mari kita ketahui semua bentuk kata kerja lie, yaitu Lie (simple present/ V1), Lay (simple past/ V2), Lain (past participle/V3), dan Lying (present participle/ Ving).

Selanjutnya yang perlu diingat adalah bahwa kata kerja lie adalah termasuk ke dalam intransitive verb (kata kerja intransitif), yaitu kata kerja yang bisa berdiri tanpa objek atau pelengkap. Dengan kata lain, lie adalah kata kerja yang tidak membutuhkan objek.

2. Pengertian Kata Kerja Lie

Kata kerja lie yang dimaksud di sini mempunyai arti to rest, repose atau to be situated in a place.

Dengan kata lain, lie memiliki banyak arti, di antaranya adalah untuk beristirahat, rehat, ditempatkan di suatu tempat atau terbaring di suatu tempat. Jadi, lie di sini BUKAN memiliki arti berbohong.

Catatan: Kata kerja lie sering digunakan bersama kata depan down.

3. Contoh Kalimat Menggunakan Lie

  • The restaurant lies in the city central. (Restoran itu terletak di pusat kota)

Pada kalimat ini terlihat bahwa setelah kata kerja lies, lalu tidak diikuti oleh objek, hanya keterangan tempat saja.

  • I lay down on my bed after had finished my work. (Saya berbaring di atas Kasur saya setelah selesai mengerjakan pekerjaan saya)
  • The cat is lying on the carpet. What a cute action! (Kucing itu berbaring di atas carpet. Betapa aksi yang lucu)


4. Aturan Kata Kerja Lay

Bentuk kata kerja lay antara lain adalah Lay (simple present/ V1), Laid (simple past/ V2), Laid (past participle/V3), dan Laying (present participle/ Ving).

Kebalikan dari kata kerja lie, lay adalah kata kerja yang termasuk ke dalam transitive verb (kata kerja transitif), yaitu kata kerja yang tidak bisa berdiri sendiri tanpa adanya objek atau pelengkap. Dengan kata lain, lay membutuhkan objek agar ide kalimat yang ingin disampaikan jelas.


5. Pengertian Kata Kerja Lay

Lay mempunyai arti to put somebody or something on a surface. Dengan kata lain, lay mempunyai arti menaruh, meletakkan atau menempatkan seseorang atau sesuatu di atas permukaan.


6. Contoh Kalimat Menggunakan Lay

  • My mom told me not to lay my school uniform on the floor after school. (Ibu saya memberitahu saya untuk tidak menaruh seragam sekolah saya di atas lantai sepuang sekolah)

Dalam kalimat ini, bisa dilihat bahwa setelah kata lay lalu diikuti oleh my school unform yang merupakan noun sebagai objek kalimat. Hal ini karena lay adalah transitive verb (kata kerja butuh objek).

  • My baby lays down the dolls on the ground. (Bayi saya menaruh boneka di atas tanah)
  • Ivanka had laid my novel on the bed as I asked her to. (Ivanka telah meletakkan novel saya di atas kasur sesuai yang saya mintakan padanya)

Demikianlah Perbedaan Lie dan Lay dalam Bahasa Inggris yang dijelaskan secara lengkap besrta contoh dalam kalimat serta artinya. Setelah ini pastikan Anda membuat kalimat serupa untuk lebih menguatkan pemahaman Anda.

Tonton dan dapatkan materi terkait menarik lainnya versi Youtube di sini!

Mau Bisa Bahasa Inggris?
Ini 5 Materi yang Tidak Diajarkan Sekolah dan Kursus

Selengkapnya dikirimkan ke email Anda. Daftarkan nama & email Anda:

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *