Ebook

Jurus Awal Menghadapi Structure TOEFL

Dalam artikel kali ini masih membahas mengenai hal-hal yang berkaitan dengan TOEFL, nah tentunya bagi anda yang masih berjuang mendapatkan score terbaik di TOEFL untuk suatu tujuan yang ingin andai capai, artikel ini dapat menjadi salah satu pedomaan anda dalamĀ  meraih score TOEFL impian anda.

Pembahasan yang akan tertera dalam artikel kali ini adalah tentang structure TOEFL dimana kebanyakan dari pemburu score TOEFL terbaik menganggap bagian ini adalah bagian yang tersulit dikarenakan bagian structure ini adalah bagian yang anda harus pelajari dari beberapa sumber untuk mengetahui beberapa aturan-aturan tata bahasa Inggris.

Dan kita semua tau perbedaan yang sangar signifikan antara bahasa ibu kita yaitu bahasa Indonesia kita yang sangat kita cintai dan bahasa Inggris yang sangat kompleks mengatur tata bahasanya. Tetapi walau sedemikian rupa perbedaan bahasa kita dengan bahasa inggris, bukanlah suatu hal yang menjadi penghalang untuk mendapatkan score terbaik TOEFL. Baiklah, kita mulai dari jurus awal dalam menjawab soal structure TOEFL, hal yang paling sederhana dalam menjawab structure TOEFL adalah:

Jurus Pertama : Kenali Subject dan Kata Kerja

Menemukan subject dan kata kerja dalam soal TOEFL adalah hal yang paling sederhana, nah jika dalam soal tidak menemukan salah satu dari kedua elemen tersebut maka itulah kemungkinan terbesar yang ditanyakan dalam soal tersebut.

Contoh dalam soal TOEFL

  1. ______ was backed up for miles on the freeway.
  2. Yesterday
  3. In the morning
  4. Traffic
  5. Cars

Dalam contoh diatas, anda harus memperhatikan secara langsung bahwa soal atau kalimat mempunyai Verb tetapi pada kalimat tesebut tidak mempunyai Subject. Maka dari itu anda hanya harus mencari subject yang sedang hilang dalam opsi-opsi dibawah soal. Perhatikan opsi a, b, c, d. Opsi mana yang dapat dijadikan sebuah subject? anda harus paham terlebih dahulu apa-apa saja yang dapat dijadikan subject. opsi (a), yesterday dan opsi (b), in the morning adalah bukan subject, karena keduanya bagian dari part of speech Adverb yang tidak bisa dijadikan subject. Mari kita berpaling ke opsi selanjutya, opsi (d), cars bisa menjadi sebuah subject, tetapi bukan ini jawabannya dan mengapa? Karena Verb dikalimat tersebut adalah Verb yang menunjukkan bahwa ia singular (was) bukan plural. Nah, subject Cars tidak sesuai dengan Verb. Anda pasti paham perbedaan keduanya, baiklah perhatikan ini

Car (singular) + s = Cars (plural)

Jadi, jawaban yang paling benar adalah opsi (c), traffic karena ia adalah subject yang singular dan sessuai dengan verb yang singular pula.

Traffic was backed up for miles on the freeway. Kalimat ini sudah dapat dianggap kalimat karena adanya satu subject dan satu verb. Sampai disini, apakah anda masih kurang paham? Baiklah, secara umum dalam kalimat bahasa Inggris seharusnya mempunyai sebuah subject dan sebuah verb. Pertanyaan-pertanyan yang sangat sering muncul dalam soal structure TOEFL adalah dihilangkannnya Subject dan Verb (Kata kerja) atau bahkan dihilangkannya kedua dari subject dan verb. Inilah tahap yang paling awal dan sederhana yang dapat anda implementasikan saat anda menjawab soal stucture TOEFL.

Dan hal yang paling penting saat menyusun subject atau verb adalah kesesuaian kalimat apakah ia singuar atau plural, untuk menambah pengetahuan anda jika dalam pembelajaran bahasa Inggris Grammar disebut Subject-Verb Agreement. Semoga jurus awal ini dapat memudahkan anda untuk menjawab soal TOEFL dan mendapatkan score impian. Good Luck and Have a nice try.

Salam hangat,

Maula Nikma
PS. Mau bisa Bahasa Inggris dan saya bimbing intensif? Klik banner kuning dibawah untuk info lengkap via WA


Ebook