"/>Adjectives untuk Terdengar Pintar

Adjectives untuk Terdengar Pintar

Belajar

Adjectives untuk Terdengar Pintar – Jika pada artikel sebelumnya telah dipaparkan penggunaan, maksud serta contoh dari kumpulan ungkapan bahasa Inggris untuk terdengar lebih pintar, maka kali ini adalah giliran kumpulan kata sifat untuk tujuan yang sama, yaitu membuat Anda terdengar lebih pintar jika mengucapkannya. Tentu sangat berguna untuk menunjang penampilan Anda yang sudah tampak professional.

Lalu kapan sebaiknya kata sifat tersebut digunakan? Nah, pada umumnya digunakan pada situasi formal, resmi seminar, konferensi atau hal lain yang berbau akademis dan professional. Mari langsung saja lihat contoh-contohnya di bawah ini!

1. Adjectives untuk Terdengar Pintar: Ubiquitous

Kata sifat ini mempunyai arti eksis atau ada di mana- mana, maksudnya ialah keberadaan sesuatu, bisa dalam bentuk barang, toko, seseorang ataupun kata, ungkapan dan kalimat tertentu yang dengan mudah atau sering Anda temukan di mana saja.

Contoh:

Cherry blossom trees are ubiquitous in Japan. (Pohon sakura ada di mana-mana di Jepang)

2. Adjectives untuk Terdengar Pintar: Cumbersome

Kata sifat ini mempunyai arti ‘difficult atau burdensome’ yang mempunyai terjemahan sulit. Biasanya digunakan untuk menyatakan benda fisikal yang susah untuk dibawa atau dipindahkan dari satu tempat ke tempat lain. Selain itu cumbersome tidak hanya untuk menyatakan suatu objek namun juga situasi.

Contoh:

Moving the sofa outside was really cumbersome. (Memindahkan sofa di luar sangat sulit)

Nah, untuk situasi yang sulit kita bisa mengatakan:

  • Cumbersome situation (situasi yang sulit)
  • Cumbersome challenge (tantangan yang sulit)

3. Adjectives untuk Terdengar Pintar: Facetious

Kata sifat facetious mempunyai arti ‘not meant to be taken seriously’ yaitu tidak dimaksudkan untuk dianggap serius. Dalam hal ini bisa dikatakan situasi di mana seseorang mencandai, mengatakan ha konyol atau menggoda seseorang yang tidak serius.

Contoh:

Don’t listen to him. He’s being facetious. (Jangan dengarkan dia. Dia sedang tidak serius)

4. Adjectives untuk Terdengar Pintar: Arduous

Arduous mempunyai arti ‘requires strenuous effort, difficult’ yaitu membutuhan upaya yang keras, sulit. Jadi, arduous yaitu untuk menyatakan hal yang membutuhkan banyak tenaga, pemikiran dan energi. Selain itu sering digunakan untuk menggambarkan sesuatu yang harus Anda lakukan seperti tugas. Cara membacanya ialah seperti mengatakan ‘arjuous.’

Contoh:

  • An arduous task (tugas yang sulit)
  • An arduous problem (masaah yang sulit)
  • An arduous chore (pekerjaan rumah yang sulit)

Contoh dalam kalimat:

Climbing the coconut tree is an arduous task. (Memanjat pohon kelapa adalah pekerjaan yang sulit)

5. Adjectives untuk Terdengar Pintar: Presumptuous

Kata sifat ini mempunyai arti ‘showing lack of respect by doing something that you shouldn’t, arrogant’ yaitu menunjukkan sedikit rasa tidak hormat dengan melakukan hal yang seharusny atidak dilakukan atau sombong. Cara membacanya nya ialah seperti mengatakan ‘prizumcuous.’

Contoh:

It was presumptuous of him to think that the house is his by entering without knocking. ( Merupakan hal yang sombong baginya untuk berpikir bahwa rumah itu miliknya dengan masuk tanpa mengetuk)

6. Adjectives untuk Terdengar Pintar: Pensive

Nah, pensive adalah kata lain untuk mengatakan ‘deep or serious thought’ yaitu pemikiran yang dalam atau serius. Pada situasi seperti ini orang akan termenung. Dengan kata lain, pensive bisa dikatakan ‘termenung’ karena memikirkan seseuatu yang serius.

Contoh:

She’s thinking about her budget to buy a house. She looks pensive. (Dia sedang berpikir tentang anggaran nya membeli sebuah rumah, Dia terlihat termenung)

7. Adjectives untuk Terdengar Pintar: Circuitous

Kata sifat ini mempunyai arti ‘not straight or direct’ yaitu tidak langsung atau dengan kata lain ialah memutar atau berliku. Kata sifat ini sering digunakan untuk hal yang berhubungan dengan arah yang Anda tuju.

Contoh:

A circuitous route (rute memutar)

A circuitous path (jalan memutar)

Contoh dalam kalimat:

They take a circuitous route to reach my house. (Mereka mengambil rute berliku untuk mencapai rumahku)

8. Adjectives untuk Terdengar Pintar: Conscientious

Nah, kata sifat yang satu ini sangat tepat untuk menggambarkan diri sendiri atau orang lain. Kata sifat ini mempunyai maksud ‘morally responsible for doing work carefully and treating others with respect dan mempunyai arti teliti.

Dengan kata lain ialah bahwa seseorang mempunyai tanggung jawab moral untuk dilakukan, melakukan pekerjaan dengan hati-hati dan juga tahu meperlakukan orang lain dengan hormat serta bersikap adil. Selain itu mereka juga sangat peka dan sadar dengan lingkungan sekitarnya. Oleh karena itu,mereka dikatakan teliti.

Contoh:

She’s very conscientious of her work. (Dia sangat teliti dengan pekerjaanya)

9. Adjectives untuk Terdengar Pintar: Meticulous

Kata sifat yang bisa membuat Anda terlihat pintar ini mempunyai maksud ‘showing great attention to detail’ yaitu sangat memperhatikan detailnya. Dengan kata lain mempunyai arti ‘sangat teliti’ yaitu fokus pada detailnya, tidak melewatkan apa pun dan memastikan bahkan dari hal yang terkecil berjalan dengan baik dan tertata.

Contoh:

He is meticulous with his home design. (Dia sangat teliti dengan rancangan rumahnya)

10. Adjectives untuk Terdengar Pintar: Convoluted

Kata sifat adalah maksud lain dari ‘difficult to follow, complex, difficult’ atau dengan kata lain mempunyai arti berbelit-belit. Kata sifat ini biasanya digunakan uuntuk menggambarkan cerita, argument atau bahkan kalimat yang sulit diikuti dan tidak masuk akal dan membuatnya berbelit-belit.

Contoh:

The movie story is convoluted because of the mixed story line. (Cerita film itu berbelit-belit karena alur cerita yang bercampur)

11. Adjectives untuk Terdengar Pintar: Perplexing

Kata sifat ini mempunyai arti ‘completely baffling, very puzzling’ yaitu benar-benar membingungkan, sangat membingungkan.Kata sifat ini digunakan untuk menyatakan seseorang yang sangat bingung karena situasi tertentu. Jadi, daripada mengatakan ‘I’m confused’ Anda bisa mengatakan ‘I’m perplexed.’

Contoh:

I’m perplexed with this situation. Everyone calls me with thing I don’t understand with. (Saya bingung dengan situasi ini. Semua orang menelepon saya dengan hal yang tidak saya mengerti)

12. Adjectives untuk Terdengar Pintar: Straightforward

Kata sifat ini mempunyai maksud ‘uncomplicated or easy to do or understand’ yaitu tidak sulit atau mudah dilakukan atau dipahami. Jadi kata sifat ini adalah alternative lain untuk mengatakan mudah.

Contoh:

I love our project in this month because it is straightforward. (Aku suka projek kita bulan ini karena mudah)

Demikian penjelasan tentang Adjectives untuk Terdengar Pintar dalam bahasa Inggris. Semoga penjelasan ini bisa memberikan manfaat untuk anda para pembaca semuanya. Terima kasih.


PS: Dapatkan materi bahasa Inggris seperti ini satu minggu lebih awal. Klik tombol Pendaftaran dibawah ini untuk medapatkannya

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *